Pertemuan II: Journalisme di Era Digital

Situasi di Indonesia
Di Indonesia, di tahun 2009 sudah 25 juta penduduk menggunakan internet, dan jumlahnya akan terus bertambah. Angka ini mencapai sekitar10% dari total jumlah penduduk saat ini (237 juta).

Surat kabar cetak di Indonesia sudah mulai memiliki edisi online sejak akhir 90-an. Tampilan surat kabar online di internet yang pertama di Indonesia dirintis oleh Harian Republika dengan terbitnya RepublikaOnline.Com edisi internet koran itu pada tahun 1995. Beberapa artikel utamanya ditampilkan di situs web, yang dibaharui setiap hari sesuai periode terbit edisi cetaknya. Harian Kompas menyusul dengan menampilkan artikel-artikel pilihan secara online, yang mulanya diberi nama Kompas Online.Com, tetapi kemudian menjadi Kompas Cyber.com yang redaksinya dikelolah terpisah. Majalah Tempo yang dibredel rejim Suharto, muncul dengan edisi online yang diberi nama Tempo Interaktif. Beritanya dibaharui hampir setiap saat, tidak lagi mingguan sebagaimana edisi cetaknya. Munculnya situs berita online seperti Astaga!, BolehNet, Satunet, kemudian Detik.com semakin menambah daya tarik internet bagi pengusaha media di Indonesia.


Kecenderungan ini dirangkum oleh pernyataan surat kabar berbahasa Inggris di Jakarta, The Jakarta Post:
“Going online has become a necessity for businesses, the media in particular, expecting to progress to the next millennium. Recent development in Indonesia shows that the Web is the future of news and information as evidenced by the increasing number of media publications available over the Internet”.
Selanjutnya ditegaskan,
“As the largest English newspaper in Indonesia, The Jakarta Post has anticipated this trend and has dedicated a considerable amount of time and resources to preparing its website. We are proud to announce that the online version of our newspaper is now vailable on the Web.”
Sekarang, hampir semua surat kabar sudah memiliki edisi online, termasuk surat kabar lokal di daerah-daerah. Beberapa kelompok koran besar bahkan memiliki edisi terpisah serta sejumlah besar media berita murni berbasis internet (tidak ada edisi cetak), semuanya disajikan dalam tampilan menarik di internet. Bagi media, nternet adalah masa depan bagi jurnalisme. Apalagi, Internet bukan lagi untuk para ahli semata, tetapi juga bagi orang-orang biasa. Dan, terbukti Internet telah menjadi media yang fun, asyik dan mudah digunakan.

Baca Juga Tulisan Ini :



0 komentar:

Post a Comment

beloved visitors, terima kasih atas kunjungan Anda
tinggalkan pesan bila Anda berkenan

 
BloggerTheme by BloggerThemes | Design by Pius Sujarno | Midified by Arek Palopo