PANDUAN UJI KELAYAKAN (PUK) INFORMASI DARI INTERNET

Kwalitas pertanyaan yang kita ajukan menentukan kwalitas informasi yang kita dapatkan. Dari sumber mana saja. Apalagi informasi dari Internet, yang bagaikan rimba raya itu. Berikut sejumlah pertanyaan, sekalipun sudah amat umum kita pakai sebagai pendekatan terhadap berbagai sumber informasi, tetapi penting sekali diajukan setiap kita berhubungan informasi Internet. Apalagi untuk keperluan study di Universitas, kita benar-benar harus menjadi pengguna informasi yang kritis. Untuk efektifnya, kita gunakan rumus jurnalisitik yang berabad-abad sudah teruji keandalannya, 5W+1H.

1. Who? Siapa? Isema?
Siapa pihak bertanggung jawab terhadap informasi ini? Seorang bergelar Doktor? Mahasiswa semester pertama? Salesman? Aktivis LSM, Peneliti, Politikus? Apakah identitasnya ditampilkan jelas? Apakah sang penulis memiliki kompetensi keilmuan/pengalaman terhadap topic yang dibahas?

2. Where? Dimana? Riava/Riumba?
Dari mana asal informasinya? Apakah dari Universitias ternama atau sekolah dasar? Perusahan/lembaga komersil, partai politik, Negara industri maju, situs publikasi pribadi atau situs resmi lembaga riset yang diakui?

3. Why? Mengapa? Nakuya?

Mengapa materi informasi ini muncul di Internet? Apa maksud tujuannya – memberi perintah, meyakinkan, menawarkan sesuatu, mengaburkan, dan menjebak? Apakah bias, atau kabur? Apalah ini uraiannya seimbang, dan lengkap?

4. What? Apa? Nuapa?

Apakah lokasi terbaik untuk saya mendapatkan informasi spesifik ini? Apakah web menjadi tempat tercepat, terbaik, terefektif buat saya mencari informasi yang saya butuhkan? Apakah informasi ini terkait dengan Buku teks, buku perpustakaan, majalah atau surat kabar? Apakah ada bandingannya buat saya. Apakah saya dapat membatasi waktu saya di Internet?

5. How? Bagaimana? Berimba?
Bagaimana format informasinya? Seberapa mudah dicerna? Seberapa baik ditulis? Apakah tidak ada kesalahan tulisan? Apakah informasi ini masih membutuhkan informasi latar belakang, yang belum saya punyai?

6. When? Kapan? Maipiapa?

Kapan materi informasi ditulis? Kapan terakhir diupdate? Apakah masih valid? Apakah sudah kadaluarsa? Apakah linknya banyak? Apa masih bisa di akses besok lusa?

Saya yakin, jika kita konsisten mengajukan pertanyaan di atas, kita akan mendapatkan informasi yang berkualitas, sesuai yang kita butuhkan. Selamat mencoba.

Sumber: www.lovett.org//library.htm.

Baca Juga Tulisan Ini :



0 komentar:

Post a Comment

beloved visitors, terima kasih atas kunjungan Anda
tinggalkan pesan bila Anda berkenan

 
BloggerTheme by BloggerThemes | Design by Pius Sujarno | Midified by Arek Palopo