KALAU HENDAK MENULIS PROPOSAL PENELITIAN…….

Sekian lama jadi rahasia umum, plagiarisme yang tumbuh subur seiring trend Copy+Cut+Paste berikut suburnya jasa jual beli skripsi berkedok biro konsultasi di pergurun tinggi, disorot lagi. Kalau saja tahu rahasia sukses membuat Skripsi/Tesis, tak banyak mahasiswa yang memilih jalan pintas dan kurang terhormat itu.

Dan ternyata, rahasia sukses Skripsi/Tesis itu, justru ada pada tahap paling awal penggarapan, yakni pada tahap menulis Proposal Penelitian.

Dengan proposal, mahasiswa meyakinkan tim pembimbing dan penguji langkah-langkah penelitian yang akan ditempuhnya sehingga secara akademis dapat dipertanggungjawabkan. Dengan itu, mahasiswa dan tim pembimbing dapat melihat secara ringkas permasalahan, arti penting dan tujuan penelitian, langkah-langkah penelitian yang akan dilakukan, termasuk solusi masalah yang kemungkinan diuji. Dengan demikian, baik tim pembimbing/penguji maupun mahasiswa sebagai penulis dapat dengan mudah mencermati keseluruhan komponen penelitian yang akan dilakukan.

Nah, bagaimana mengemas proposal yang ringkas, menarik dan baik? Buku Karya Ana Nadhya Abrar, “Terampil Menulis Proposal Penelitian Komunikasi” menawarkan satu metode sederhana dan aplikatif. Metode ini saya telah pakai membimbing mahasiswa membuat proposal penelitian di Program Studi Komunikasi Fisip Universitas Tadulako. Cukup efektif!

“Format proposal penelitian komunikasi yang universal biasanya menjelaskan tujuh matrix penelitian. Ketujuh matriks ini bisa ditulis dalam selembar kertas. Bila mahasiswa sudah bisa mengisi ketujuh matriks tersebut dengan lengkap, sebenarnya dia sudah bisa meneliti. Untuk meyakinkan dosen pembimbingnya, dia bisa menarasikan ketujuh matriks penelitian tersebut [dalam] bentuk proposal penelitian [yang standar kita kenal]” (Ana 2005: p 1)


Ketujuh matriks penelitian yang dimaksud adalah:

Tema penelitian Rumusan Masalah Objek Penelitian Pendekatan Teori Metode Penelitian Perspektif Penelitian

Tak usah repot dahulu membayangkan sebuah proposal lengkap. Cukup Anda mengisi masing-masing kotak/kolom matriks ini. Sebelum Anda menyusunya dalam sebuah format proposal penelitian yang standar, sebaiknya perlihatkan dahulu ke Dosen pembimbing, yang akan dengan mudah melihat secara komplet. Bila ada koreksi, Anda tinggal melengkapi tanpa harus mengubah apa pun. Ikuti langkah-demi langkahnya!

1. Tetapkan tema penelitian. Ini tentu saja harus berdasarkan objek kajian formal dan material ilmu Anda. Dalam bahasa lain, tema ini harus menyangkut fenomena keilmuan kita, katakanlah, fenomena komunikasi.

2. Berdasarkan tema yang sudah Anda tetapkan, barulah Anda bisa merumuskan permasalahan penelitian dalam bentuk pertanyaan dan dalam sebuah kalimat tanya yang utuh. Pertanyaan inilah, kelak harus Anda jawab setelah meneliti.

3. Tentukan objek penelitian Anda. Objek penelitian inilah yang akan memberikan data, yang pada gilirannya bisa menjawab rumusan masalah.

4. Sudah memiliki objek penelitian, kini saatnya Anda menetapkan pendekatan, yang anda akan pakai memandang objek penelitian Anda dalam sebuah sisi, katakanlah ekonomi. Pendekatan ekonomi terhadap sebuah objek penelitian menyebabkan Anda harus mencari semua teori ekonomi yang bisa memberikan jawaban konseptual terhadap rumusan masalah.

5. Nah, kini saatnya Anda memilih teori yang akan dipakai. Teori ini penting dalam penelitian karena ia menghasilkan sesuatu yang akan diukur dalam penelitian. Sesuatu itu bisa merupakan sebuah variabel, dimensi, dsb.

6. Anda barulah bisa menetapkan metode penelitian yang akan dipakai kalau sudah tahu persis variabel-variabel penelitian yang akan diukur.

7. Akhirnya, Anda masih perlu menentukan perspektif Anda. Perspektif ini penting untuk memberikan arah pada analisis. Semakin banyak perspektif yang Anda pakai semakin menyeluruh analisis data penelitian Anda nantinya.

Anda disarankan melaksanakan ketujuh langkah ini secara berurutan. Sebab, langkah pertama merupakan prasyarat bagi langkah kedua. Langkah kedua merupakan prasyarat bagi langkah ketiga, dst. Jadi, mustahil Anda bisa menentukan metode penelitian sebelum Anda bisa menentukan apa yang akan diukur dalam penelitian. Selamat Mencoba!

Baca Juga Tulisan Ini :



2 komentar:

ChiLDePooH said...

hmmm..idenya sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang akan segera menyelesaikan TA, terutama untuk diri saya sendiri.

cara penyampaiannya juga sangat menarik. sederhana dan mudah di mengerti.

yang menarik dari tulisan ini adalah tentang 7 matriks penelitian. dimana ada 7 langkah mudah menbuat proposal penelitian, tapi tidak gampang jika sang peneliti tidak memahami betul apa yang akan ia teliti.

dari tulisan ini, saya mengambil sikap kalau saya akan mengikuti langkah2 diatas. hal ini juga berhubungan dengan TA yang akan saya teliti nanti. dan dalam beberapa hari kedepan saya akan menghubungi bapak untuk dimintai pendapat, saran, atau tanggapan tentang judul proposal yang akan saya teliti.:)

Nama : Rahmawaty
Stb : B 501 06 030

stwbod said...

Seep,Chil jangan tunda lagi. Sejauh mana artikel ini membantu memudahkan, kita lihat setelah Proposalmu jadi.

salam

Post a Comment

beloved visitors, terima kasih atas kunjungan Anda
tinggalkan pesan bila Anda berkenan

 
BloggerTheme by BloggerThemes | Design by Pius Sujarno | Midified by Arek Palopo